Minggu, 25 November 2012

Budaya Perusahaan

     Budaya adalah suatu set nilai, penuntun kepercayaan akan suatu hal, pengertian dan cara berfikir yang dipertemukan oleh para anggota organisasi dab diterima oleh anggota baru seutuhnya (W. Jack Duncan)

     Budaya perusahaan atau budaya organisasi adalah penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat yang terikat bekerja dibawah naungan suatu perusahaan (Rhenald Kasali)

     Tujuan dari budaya perusahaan adalah untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatka produktivitas kerja untuk mengahadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

Manfaat dari penerapan budaya perusahaan yang baik :
1. Meningkatkan jiwa gotong royong
2. Meningkatkan kebersamaan
3. Saling terbuka satu sama lain
4. Meningkatkan jiwa kekeluargaan
5. Meningkatkan rasa kekeluargaan
6. Membangun komunikasi yang lebih baik
7. Meningkatkan produktivitas kerja
8. Tanggap dengan perkembangan dunia luar

Faktor-faktor yang mempengaruhi budaya perusahaan :
1. Adat dan lingkungan
2. Agama
3. Peraturan/kebijakan-kebijakan perusahaan
4. Peraturan/norma pemerintah
5. Budaya asing yang melalui proses organisasi

Peran budaya perusahaan :
  1. Memberikan rasa memiliki identitas dan kebanggaan bagi karyawan, yaitu menciptakan perbedaan antara organisasi dengan yang lain
  2. Budaya mempermudah terbentuknya komitmen dan pemikiran yang lebih kuat daripada kepentingan pribadi seseorang
  3. Memperkuat standar perilaku organisasi dalam membangun pelayanan superior pada pelanggan
  4. Menciptakan pola adaptasi
  5. Membangun system kontrol organisasi secara menyeluruh
Sumber : Catatan Kuliah Budaya Perusahaan

Pengembangan Kepribadian

Pengertian dari small talk, medium talk dan large talk
a. Small talk adalah percakapan ringan yang merupakan jenis percakapan sehari-hari yang sangat umum, misalnya membicarakan mengenai kejadian/kegiatan sehari-hari, seperti cuaca, olah raga, hiburan dan berita aktual yang tidak menyebabkan kontroversial. Inti dari small talk adalah setiap orang dapat merasa nyaman untuk berpartisipasi dalam pembicaraan tersebut, terutama pada saat kita baru pertama kali membangun percakapan dengan orang yang baru kita kenal yang tujuannya untuk mencairkan suasana.
b. Medium talk adalah level pembicaraan yang berkaitan erat dengan informasi yang spesifik dengan grup yang terlibat dalam pembicaraan tersebut. Level pembicaraan ini juga dapat untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari pertemuan setalah Anda membuka nya dengan small talk.
c. Large talk yaitu membicarakan topik-topik dengan informasi yang spesifik di mana pada satu pihak membutuhkan kesepakatan atau keputusan dari pihak lain. Misalnya dalam suatu rapat, negosiasi dan melobi.

Jenis-jenis image :
1. Mirror Image (Citra Bayangan)
Pengertian disini bahwa citra bayangan yang diyakini oleh perusahaan bersangkutan terutama para pimpinannya yang selalu merasa berada dalam posisi baik tanpa mengacuhkan kesan orang luar (citra yang dianut oleh orang dalam mengenai pandangan luar terhadap organisasinya). Citra ini seringkali tidaklah tepat, bahkan hanya sekedar ilusi, sebagai akibat dari tidak memadainya informasi, mengenai pendapat atau pandangan pihak-pihak luar. Citra ini cenderung positif, bahkan terlalu positif. Namun apabila diadakan penelitian yang mendalam mengenai tanggapan orang luar akan segera terungkap bahwa citra tersebut hampir selalu tidak tepat, atau tidak sesuai dengan kenyataan sesungguhnya dalam artian terjadi perbedaan antara apa yang diharapkan dan berkembang dalam intern perusahaan dengan yang terjadi di lapangan.

2. Current Image (Citra yang Berlaku)
Citra yang berlaku adalah citra atau pandangan yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai suatu organisasi. Citra ini merupakan kebalikan dari citra bayangan di mana citra ini biasanya cenderung negatif. Namun sama halnya dengan citra bayangan, citra yang berlaku tidak selamanya bahkan jarang, sesuai dengan kenyataan karena semata-mata terbentuk dari pengalaman atau pengetahuan orang-orang luar yang bersangkutan. Sehingga memunculkan kemungkinan terjadinya permusuhan, kecurigaan, prasangka buruk, atau terjadinya kesalahpahaman yang menyebabkan citra yang berlaku ditanggapi secara tidak adil dan cenderung negatif.

3. Wish Image (Citra Harapan)
Citra harapan adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen terhadap lembaga atau perusaan, atau produk yang ditampilkan tersebut lebih dikenal (good awareness), menyenangkan dan diterima dengan kesan selalu positif (take and gift) oleh publiknya. Citra ini juga tidak sama dengan citra yang sebenarnya. Biasanya citra harapan lebih baik atau lebih menyenangkan dari citra yang sebenarnya. Citra harapan biasanya dirumuskan dan diperjuangkan untuk menyambut sesuatu yang relatif baru, yakni ketika khalayak belum memiliki informasi yang memadai.

4. Corporate Image (Citra Perusahaan/Citra Lembaga)
Citra perusahaan atau disebut juga sebagai citra lembaga adalah citra dari suatu organisasi secara keseluruhan, jadi bukan citra atas produk dan pelayanannya saja. Citra ini terbentuk oleh banyak hal, seperti sejarah atau riwayat hidup perusahaan yang gemilang, keberhasilan-keberhasilan dibidang keuangan yang pernah diraih, sukses ekspor, hubungan industri yang baik, kesediaan turut memikul tanggung jawab sosial, reputasi sebagai pencipta lapangan pekerjaan dalam jumlah yang besar, dan sebagainya. Dalam hal ini pihak Humas/PR berupaya atau bahkan ikut bertanggung jawab untuk mempertahankan citra perusahaan, agar mampu mempengaruhi harga sahamnya tetap bernilai tinggi (liquid) untuk berkompetisi di pasar bursa saham.

5. Multiple Image ( Citra Majemuk)
Citra majemuk adalah pelengkap dari citra perusahaan atau dapat juga dikatakan sebagai jumlah citra yang dimiliki suatu perusahaan. Di mana suatu perusahaan atau organisasi pasti memiliki banyak unit dan pegawai, sehingga setiap pegawai secara sengaja atau tidak akan memunculkan suatu citra yang belum tentu sama dengan citra organisasi atau perusahaan secara keseluruhan. Untuk menghaindari hal yang tidak diinginkan, variasi citra itu ditekan seminim mungkin dan citra perusahaan secara keseluruhan harus ditegakkan. Hal itu dapat dilakukan melalui mewajibkan pegawai memakai seragam, menyamakan mobil dinas, dan pemakaian simbol-simbol tertentu yang nantinya dapat diunifikasikan atau diidentikkan ke dalam suatu citra majemuk yang diintegrasikan terhadap citra perusahaan.

6. Performance Image/Personal Image (Citra Penampilan)
Citra penampilan ini lebih ditunjukan kepada subjeknya, bagaimana kinerja atau penampilan diri para professional pada perusahaan yang bersangkutan. Misalnya dalam memberikan berbagai bentuk dan kualitas pelayanannya., menyambut telepon tamu, dan pelanggan serta publiknya harus serba menyeangkan serta memberikan kesan yang selalu baik. Mungkin malah citra penampilan ini kurang diperhatikan atau disepelekan orang. Misalnya, dala hal mengangkat secara langsung telepon masuk tidak menyebut identitas nama pribadi atau perusahaan bersangkutan merupakan tidakkan kurang bersahabat dan melanggar etika.

Sumber : Tugas Kuliah Pengembangan Kepribadian

Employee Relations

     Manajemen perlu menyadari bahwa karyawan adalah salah satu asset atau potensi yang sangat berarti dalam orgaisasi yang dapat dikembangka kearah yang lebih baik dari semula. Dimasa lalu, perhatian praktisi PR selalu/hanya tertuju pada publik eksternal alasannya publik internal relative mudah untuk dikedalikan dan pekerjaan untuk komunikasi internal bisa diserahkan ke bagian kepegawaian (personalia) atau bagain  HR (Human Resources). Pada abad 21 karyawan merupakan perpanjangan tangan perusahaan dalam pencitraan, kalu bisa menjadikan setiap karyawan sebagai PR-nya organisasi/perusahaan baik saat bekerja ataupun ketika mereka bersosialisasi sebagai anggota komunitas sosial.

     Tujuan employee relations adalah untuk memperoleh hubungan yang dinamis dan dengan demikian diperoleh kerjasama yang baik.

Peran employee relations menurut Bertrand Canfield :
  1. Bagaimana spririt kerja dari karyawan, bisa dilihat dari prestasi kerja, banyaknya barang yang dihasilkan, kualitas layanan yang diberikan, adanya kepuasan consume, jam kerja dsb
  2. Faktor-faktor yang disenangi atau yang tidak disenangi para karyawan, harapan-harapan karyawan, misalnya upahnya cukup, perlakuan yang adil, ketenangan kerja, perasaan diakui, penghargaan atas hasil kerja dan sebagai penyalur perasaan
  3. Dalam bidang apa perbaikan dapat dilaksanakan sesuai dengan keinginan karyawan apabila tidak merugikan organisasi atau institusi ditinjau dari segi tujuannya
  4. Mencari situasi yang paling tepat untuk mengadakan perubahan supaya kedua belah pihak baik karyawan maupun instansi dapat menikmati keuntungan dari suasana kerja tersebut

 Sumber : Catatan Kuliah Employee Relations

Teknik Lobi

     Lobi adalah kegiatan yang mengupayakan agar segala sesuatu berjalan bukan dengan cara pemberian perintah melauinkan melalui persuasi

Terdapat beberapa jenis lobi, yaitu :
1. Lobi Tradisional
     Biasanya memanfaatkan orang-orang terkenal, figure publik, untuk mendekati kelompok-kelompok kepentingan agar tujuan bisnis dapat tercapai
2. Lobi Akar Rumput
     Untuk mempengaruhi para pengambil keputusan secara tidak langsung (missal : ketua ormas atau serikat)
3. Lobi Political Action
     Komite yang dibentuk perusahaan-perusahaan besar dengan maksud menempatkan calonnya di lembaga atau eksekutif sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan perusahaan yang tergabung dalam komite tersebut

Berikut fungsi dari lobi :
  1. Mempengaruhi pengambilan keputusan agar keputusannya tidak merugikan para pelobi
  2. Menafsirkan opini para pejabat pemerintah yang kemudian diterjamehkan dalam kebijakan perusahaan
  3. Memprediksikan apa yang terjadi secara hokum dan memberikan rekomendasi pada perusahaan agar dapat menyesuaikan diri dengan ketentuan baru dan memanfaatkannya
  4. Menyampaikan informasi tentang bagaimana suatu ketentuaan baru dan memanfaatkannya suatu ketentuan dirasakan oleh perusahaan, organisasi atau kelompok masyarakat tertentu
  5. Meyakinkan para pembuat keputusan bahwa pelaksanaan peraturan membutuhkan waktu untuk pelaziman
Sumber : Catatan Kuliah Teknik Lobi

MC dan Protokoler

     Tujuan protokol adalah untuk membuat acara teratur/tertata dengan baik dehingga kesalahan-kesalahan dalam acara dapat diminimalisir.

Tujuan protokoler :
1.     Agar tujuan kegiatan dapat tercapai dengan jelas
2.     Agar proses kegiatan dapat menarik
3.     Agar proses kegiatan berjalan khidmat dan terhormat
4.     Agar suatu kegiatan dapat berkesan
5.     Agar isi dan kulit kegiatan dapat berpadu secara harmonis

Ruang lingkup protokol :
1.     Penghormatan kedudukan, kebangsaan, dan penghormatan terhadap jenazah
2.     Perlakuan terhadap lambing kehormatan NKRI, Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, dan tokoh masyarakat tertentu
3.     Pengaturan kunjunga dan upacara dalam acara kenegaraan dan acara resmi

Yang diatur dalam keprotokoleran :
  1. Lambang kehormatan Negara
  2. Pejabat Negara, pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat tertentu

Yang mengatur :
  1. Pemimpin dengan otoritasnya
  2. Pejabat protokol yang kompeten

Dimana harus diatur :
  1. Acara kenegaraan
  2. Acara resmi
  3. Pertemuan resmi
  4. Kunjungan (state visit, official visit dan kunjungan kerja)
  5. Audiensi dan penerimaan tamu
  6. Acara penjamuan
Sumber : Catatan Kuliah MC dan Protokoler

Pengantar Pemasaran

Pemasaran merupakan seni sekaligus ilmu pengetahuan sebagai seni karena ada unsur strategi yang memerlukan kreativitas da wawasan, sebagi ilmu pengetahuan karena pemasaran mencakup perencanaan, analisis, dan disiplin. Pemasaran juga dapat dikatakan sebagai fungsi manajemen yang diperlukan untuk mencitakan permintaan produk yang akan dijual. Tujuan pemasaran bukanlah untuk memperluas penjualan tapi bertujuan untuk megetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga barang atau jasa cocok dengan pelanggan atau disebut juga pemasaran menhasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli (Peter Drucker).
     
Ada 10 jenis wujud barang yang dipasarkan yaitu barang, jasa, pengayaan pengalaman, peristiwa, orang tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan gagasan (Sunarto, 2006)

Pengertian kebutuhan, keinginan, permintaan (Sunarto, 2006)
Kebutuhan (menggambarkan tuntutan dasar manusia: makan, pakaian, rumah, pendidikan, kesehatan, berlibur, dll)
Keinginan (kebutuhan yang diarahkan kepada sasaran spesifik yang mungkin dapat dipenuhi. Keinginan dibentuk oleh lingkungan masyarakat).
Permintaan (keinginan akan produk spesifik yang yang didukung oleh kemampuan membeli/membayar).

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan (Paul N Bloom & Louise N Boone, 2006)
Pemasaran :
1.     Bagaimana mendengarkan konsumen.
2.     Tujuan memahami kebutuhan konsumen.
3.     Mencari tahu produk yang memang dibutuhkan konsumen.
4.     Tugas utama: menentukan sasaran penjualan, struktur dan ukuran kekuatan penjualan, program implementasi penjualan, rekrut SDM penjualan, anggaran & biaya, perkiraan penjualan, evaluasi perwakilan penjualan.

Penjualan :
  1. Bagaimana mendengarkan konsumen.
  2. Tujuan untuk menjawab setiap pertanyaan (kebutuhan) konsumen.
  3. Pandai berbicara berusaha menjual produknya.
  4. Tanggung jawab perwakilan penjualan mulai pemasaran, menjalin hub, melaksanakan penjualan, kontrak, proyeksi.
  5. Karakteristik pribadi: empati, sabar, persuasif, tangguh, mudah bergaul. Yang baik adalah yg mendengarkan kebutuhan konsumen dan memberi solusinya. 
Sumber : Catatan Kuliah Pengantar Marketing

Aplikasi Komputer dan Penggunaan Internet


a. Pengertian komputer
Menurut V.C. Hamacher et al, 1982 “Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi”. Sedangkan Robert H. Blissmer, 1985 berpendapat bahwa “Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi”. Elias M. Awad mendefinisikan “Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog”.

“Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program)” (Donald H. Sanderes, 1985).

Sementara Larry Long dan Nancy Long mengatakan “Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik”. Kemudian William M. Fuori
Berpendapat “Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia”. Pengertian lainnya “Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan” (Williams, Sawyer).

b. Fungsi dan Manfaat Komputer
Sekarang mari kita bahas apa fungsi dan manfaat komputer bagi kita :
     1. Komputer Sebagai Sarana Mempermudah Kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.

     2. Komputer Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
•     Berbicara dengan teman atau saudara kita
•     Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
•     Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
•     Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
•     Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll

     3. Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah radio, tape, televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur diri kita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
•    Mendengar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
•    Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
•    Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online
     dengan Internet.
•    Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
•    Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV
     Chanel Online dengan Internet

     4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
•     Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu
      bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
•     Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang
     seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir
     bidang grafis, Power Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di
     bidang persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir
     di bidang disain arsitektur dll.
•     Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa
      memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan,
      Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website
      Design, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll.

     5. Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
•     Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
•     Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
•     Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
•     Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
•     Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
•     Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
•     Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
•     Informasi Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas
•     Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
•     Informasi Politik
•     Informasi Perdagangan
•     Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
      dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang
      terhubung dengan Internet.

     6. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :
•     Membuat Rental Komputer
•     Membuat Warnet
•     Membuat Usaha percetakan
•     Membuat usaha Vidoe Editing
•     Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
•     Membuat Usaha Sablon
•     Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
•     Membuka usaha Disain Arsitektur.
•     Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
•     Membuka Usaha disain Website
•     Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
•     Membuka Usaha Kursus Komputer
•     Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
•     Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual
•     dll

     7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
•     Mengontrol kamera security
•     Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
•     Mengontrol Escalator
•     Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
•     Pengontrolan peralatan Editing Video
•     Pengontrolan tata lampu traffic jalan
•     Pengontrolan system jaringan Network
•     dll

     8. Alat Reproduksi/Duplikasi
Alat untuk memperbanyak dokumen yang ada di kantor. Bervariasi dari mulai dari mesin stensil, mesin fotocopy, sampai dengan mesin offset dengan berbagai kemampuan sesuai dengan kebutuhan kantor untuk menunjang tugas administratif perkantoran. Di antaranya Microsoft Office dan OpenOffice.

c. Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari Interconnected-Networking, yaitu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet, cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan Internet-Working” (id.wikipedia.org/wiki/Internet, diakses pada Senin, 15 Oktober 2012 pukul 19.13 WIB).

d.  Fungsi dan Manfaat Internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet, yaitu :
1.   Sebagai “Perpustakaan Online”
Maksudnya, dengan menggunakan internet kita dapat mencari informasi apapun
      dengan mudah, kapan saja, dan dimanapun, tanpa memakan biaya berlebih karena adanya
      Google atau Wikipedia user.
2.   Dapat digunakan sebagai “Bisnis Online”
Banyak orang yang menggunakan internet sebagai lahan untuk mencari uang atau
      mendapat keuntungan secara online. Misalnya berjualan suatu produk lewat media sosial
      Facebook, atau media sosial lainnya.
3.   Sebagai Sarana Komunikasi
Dengan adanya media sosial yaitu Facebook dan Twitter, orang-orang diseluruh dunia
      bisa terhubung secara online tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
4.   Sebagai Sarana Hiburan
Penyediaan Game Online di internet, dapat menjadi hiburan untuk anak muda masa
      kini yang membutuhkan refreshing otak.
5.    Adanya E-book
Dengan adanya e-book, buku-buku yang harganya cukup mahal bisa kita minimalisir
     dengan mendownload di e-book.
Selain itu, internet juga sangat memberi manfaat bagi dunia pendidikan, yaitu :
•   Kemampuan dan kecepatan dalam komunikasi, bahkan sekarang telah dimungkinkan menggunakan peralatan berbasis multimedia dengan biaya yang relatif murah sehingga dimungkinkan untuk melaksanakan pendidikan jarak jauh.
•   Ketersediaan informasi yang up to date telah mendorong tumbuhnya motivasi untuk membaca dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di berbagai belahan dunia.
•   Adanya fasilitas untuk membentuk dan melangsungkan diskusi kelompok (news group) sehingga akan mendorong peningkatan intensitas kajian Iptek.
•   Melalui Web pendidikan, proses belajar mengajar dapat dilakukan secara dinamis, tidak tergantung waktu dan ruang pertemuan. Semua materi belajar dapat diperoleh dengan mudah pada situs-situs pendidikan yang tersedia. Dengan demikian biaya pendidikan dapat ditekan serendah mungkin karena peserta didik tidak perlu menanggung uang gedung lagi.
•   Melalui E-mail, konsultasi dapat dilakukan secara pribadi antar peserta didik dan pendidik ataupun dengan rekan lainnya.


Sumber : Tugas Kuliah Aplikasi Komputer dan Penggunaan Internet