Minggu, 25 November 2012

Teknik Lobi

     Lobi adalah kegiatan yang mengupayakan agar segala sesuatu berjalan bukan dengan cara pemberian perintah melauinkan melalui persuasi

Terdapat beberapa jenis lobi, yaitu :
1. Lobi Tradisional
     Biasanya memanfaatkan orang-orang terkenal, figure publik, untuk mendekati kelompok-kelompok kepentingan agar tujuan bisnis dapat tercapai
2. Lobi Akar Rumput
     Untuk mempengaruhi para pengambil keputusan secara tidak langsung (missal : ketua ormas atau serikat)
3. Lobi Political Action
     Komite yang dibentuk perusahaan-perusahaan besar dengan maksud menempatkan calonnya di lembaga atau eksekutif sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan perusahaan yang tergabung dalam komite tersebut

Berikut fungsi dari lobi :
  1. Mempengaruhi pengambilan keputusan agar keputusannya tidak merugikan para pelobi
  2. Menafsirkan opini para pejabat pemerintah yang kemudian diterjamehkan dalam kebijakan perusahaan
  3. Memprediksikan apa yang terjadi secara hokum dan memberikan rekomendasi pada perusahaan agar dapat menyesuaikan diri dengan ketentuan baru dan memanfaatkannya
  4. Menyampaikan informasi tentang bagaimana suatu ketentuaan baru dan memanfaatkannya suatu ketentuan dirasakan oleh perusahaan, organisasi atau kelompok masyarakat tertentu
  5. Meyakinkan para pembuat keputusan bahwa pelaksanaan peraturan membutuhkan waktu untuk pelaziman
Sumber : Catatan Kuliah Teknik Lobi

4 komentar:

  1. teknik lobi sangat perlu di pelajari,agar terciptanya keputusan yang di inginkan.lobi political saya sangat setuju karena melobi bagian perusahaan besar dengan tidak merugikan satu sama lain.

    BalasHapus
  2. teknik lobi sangat berguna di dunia bisnis, dan juga sangat bermanfaat sekali didalam di dunia nyata dan bisa di aplikasikan didalam pekerjaan

    BalasHapus
  3. Loby itu sah sah sj sela tidak salimg merugikan

    BalasHapus