Pemasaran merupakan seni sekaligus ilmu pengetahuan
sebagai seni karena ada unsur strategi yang memerlukan kreativitas da wawasan,
sebagi ilmu pengetahuan karena pemasaran mencakup perencanaan, analisis, dan
disiplin. Pemasaran juga dapat dikatakan sebagai fungsi manajemen yang
diperlukan untuk mencitakan permintaan produk yang akan dijual. Tujuan
pemasaran bukanlah untuk memperluas penjualan tapi bertujuan untuk megetahui
dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga barang atau jasa cocok dengan
pelanggan atau disebut juga pemasaran menhasilkan seorang pelanggan yang siap
untuk membeli (Peter Drucker).
Ada 10 jenis wujud barang
yang dipasarkan yaitu barang, jasa, pengayaan pengalaman, peristiwa, orang tempat,
kepemilikan, organisasi, informasi dan gagasan (Sunarto, 2006)
Pengertian
kebutuhan, keinginan, permintaan (Sunarto, 2006)
Kebutuhan (menggambarkan tuntutan dasar manusia:
makan, pakaian, rumah, pendidikan, kesehatan, berlibur, dll)
Keinginan (kebutuhan yang diarahkan kepada sasaran
spesifik yang mungkin dapat dipenuhi. Keinginan dibentuk oleh lingkungan
masyarakat).
Permintaan (keinginan akan produk spesifik yang yang
didukung oleh kemampuan membeli/membayar).
Perbedaan
Pemasaran dan Penjualan (Paul N Bloom & Louise N Boone, 2006)
Pemasaran :
1.
Bagaimana mendengarkan konsumen.
2.
Tujuan memahami kebutuhan konsumen.
3.
Mencari tahu produk yang memang dibutuhkan
konsumen.
4.
Tugas utama: menentukan sasaran penjualan,
struktur dan ukuran kekuatan penjualan, program implementasi penjualan, rekrut
SDM penjualan, anggaran & biaya, perkiraan penjualan, evaluasi perwakilan
penjualan.
Penjualan :
- Bagaimana mendengarkan
konsumen.
- Tujuan untuk menjawab setiap
pertanyaan (kebutuhan) konsumen.
- Pandai berbicara berusaha
menjual produknya.
- Tanggung jawab perwakilan
penjualan mulai pemasaran, menjalin hub, melaksanakan penjualan, kontrak,
proyeksi.
- Karakteristik pribadi: empati,
sabar, persuasif, tangguh, mudah bergaul. Yang baik adalah yg mendengarkan
kebutuhan konsumen dan memberi solusinya.
Sumber : Catatan Kuliah Pengantar Marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar