Minggu, 25 November 2012

Pengantar Pemasaran

Pemasaran merupakan seni sekaligus ilmu pengetahuan sebagai seni karena ada unsur strategi yang memerlukan kreativitas da wawasan, sebagi ilmu pengetahuan karena pemasaran mencakup perencanaan, analisis, dan disiplin. Pemasaran juga dapat dikatakan sebagai fungsi manajemen yang diperlukan untuk mencitakan permintaan produk yang akan dijual. Tujuan pemasaran bukanlah untuk memperluas penjualan tapi bertujuan untuk megetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga barang atau jasa cocok dengan pelanggan atau disebut juga pemasaran menhasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli (Peter Drucker).
     
Ada 10 jenis wujud barang yang dipasarkan yaitu barang, jasa, pengayaan pengalaman, peristiwa, orang tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan gagasan (Sunarto, 2006)

Pengertian kebutuhan, keinginan, permintaan (Sunarto, 2006)
Kebutuhan (menggambarkan tuntutan dasar manusia: makan, pakaian, rumah, pendidikan, kesehatan, berlibur, dll)
Keinginan (kebutuhan yang diarahkan kepada sasaran spesifik yang mungkin dapat dipenuhi. Keinginan dibentuk oleh lingkungan masyarakat).
Permintaan (keinginan akan produk spesifik yang yang didukung oleh kemampuan membeli/membayar).

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan (Paul N Bloom & Louise N Boone, 2006)
Pemasaran :
1.     Bagaimana mendengarkan konsumen.
2.     Tujuan memahami kebutuhan konsumen.
3.     Mencari tahu produk yang memang dibutuhkan konsumen.
4.     Tugas utama: menentukan sasaran penjualan, struktur dan ukuran kekuatan penjualan, program implementasi penjualan, rekrut SDM penjualan, anggaran & biaya, perkiraan penjualan, evaluasi perwakilan penjualan.

Penjualan :
  1. Bagaimana mendengarkan konsumen.
  2. Tujuan untuk menjawab setiap pertanyaan (kebutuhan) konsumen.
  3. Pandai berbicara berusaha menjual produknya.
  4. Tanggung jawab perwakilan penjualan mulai pemasaran, menjalin hub, melaksanakan penjualan, kontrak, proyeksi.
  5. Karakteristik pribadi: empati, sabar, persuasif, tangguh, mudah bergaul. Yang baik adalah yg mendengarkan kebutuhan konsumen dan memberi solusinya. 
Sumber : Catatan Kuliah Pengantar Marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar