Minggu, 25 November 2012

Employee Relations

     Manajemen perlu menyadari bahwa karyawan adalah salah satu asset atau potensi yang sangat berarti dalam orgaisasi yang dapat dikembangka kearah yang lebih baik dari semula. Dimasa lalu, perhatian praktisi PR selalu/hanya tertuju pada publik eksternal alasannya publik internal relative mudah untuk dikedalikan dan pekerjaan untuk komunikasi internal bisa diserahkan ke bagian kepegawaian (personalia) atau bagain  HR (Human Resources). Pada abad 21 karyawan merupakan perpanjangan tangan perusahaan dalam pencitraan, kalu bisa menjadikan setiap karyawan sebagai PR-nya organisasi/perusahaan baik saat bekerja ataupun ketika mereka bersosialisasi sebagai anggota komunitas sosial.

     Tujuan employee relations adalah untuk memperoleh hubungan yang dinamis dan dengan demikian diperoleh kerjasama yang baik.

Peran employee relations menurut Bertrand Canfield :
  1. Bagaimana spririt kerja dari karyawan, bisa dilihat dari prestasi kerja, banyaknya barang yang dihasilkan, kualitas layanan yang diberikan, adanya kepuasan consume, jam kerja dsb
  2. Faktor-faktor yang disenangi atau yang tidak disenangi para karyawan, harapan-harapan karyawan, misalnya upahnya cukup, perlakuan yang adil, ketenangan kerja, perasaan diakui, penghargaan atas hasil kerja dan sebagai penyalur perasaan
  3. Dalam bidang apa perbaikan dapat dilaksanakan sesuai dengan keinginan karyawan apabila tidak merugikan organisasi atau institusi ditinjau dari segi tujuannya
  4. Mencari situasi yang paling tepat untuk mengadakan perubahan supaya kedua belah pihak baik karyawan maupun instansi dapat menikmati keuntungan dari suasana kerja tersebut

 Sumber : Catatan Kuliah Employee Relations

1 komentar:

  1. kalau menurut saya employee relations berpengaruh terhadap kinerja kerja karyawan pada perusahaan yang ditangani, dan meningkatkan kinerja kualitas karyawan.

    BalasHapus