Minggu, 25 November 2012

Budaya Perusahaan

     Budaya adalah suatu set nilai, penuntun kepercayaan akan suatu hal, pengertian dan cara berfikir yang dipertemukan oleh para anggota organisasi dab diterima oleh anggota baru seutuhnya (W. Jack Duncan)

     Budaya perusahaan atau budaya organisasi adalah penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat yang terikat bekerja dibawah naungan suatu perusahaan (Rhenald Kasali)

     Tujuan dari budaya perusahaan adalah untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatka produktivitas kerja untuk mengahadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

Manfaat dari penerapan budaya perusahaan yang baik :
1. Meningkatkan jiwa gotong royong
2. Meningkatkan kebersamaan
3. Saling terbuka satu sama lain
4. Meningkatkan jiwa kekeluargaan
5. Meningkatkan rasa kekeluargaan
6. Membangun komunikasi yang lebih baik
7. Meningkatkan produktivitas kerja
8. Tanggap dengan perkembangan dunia luar

Faktor-faktor yang mempengaruhi budaya perusahaan :
1. Adat dan lingkungan
2. Agama
3. Peraturan/kebijakan-kebijakan perusahaan
4. Peraturan/norma pemerintah
5. Budaya asing yang melalui proses organisasi

Peran budaya perusahaan :
  1. Memberikan rasa memiliki identitas dan kebanggaan bagi karyawan, yaitu menciptakan perbedaan antara organisasi dengan yang lain
  2. Budaya mempermudah terbentuknya komitmen dan pemikiran yang lebih kuat daripada kepentingan pribadi seseorang
  3. Memperkuat standar perilaku organisasi dalam membangun pelayanan superior pada pelanggan
  4. Menciptakan pola adaptasi
  5. Membangun system kontrol organisasi secara menyeluruh
Sumber : Catatan Kuliah Budaya Perusahaan

9 komentar:

  1. Budaya perusahaan memang sangat penting untuk dibangun dan dipelihara supaya terbangun hubungan yang harmonis antar seluruh sumber daya yang terlibat dalam perusahaan. Selain itu budaya perusahaan dapat dijadikan sebagai landasan perilaku pegawai, budaya perusahaan juga dijadikan sebagai hal yang dapat mempermudah proses komunikasi, dengan mudahnya proses komunikasi akan mempermudah pembuatan keputusan dan menumbuh kembangkan semangat kerja sama yang dapat mendorong komitmen pegawai kepada perusahaan sehingga para pegawai dapat memberikan kinerja yang optimal yang dapat mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Sebab itu kita sebagai calon PR harus benar-benar memahami mengenai budaya perusahaan karena implementasi dari budaya perusahaan sendiri memang biasanya diarahkan oleh seorang PR.

    BalasHapus
  2. setiap perusahaan membangun budaya perusahaan sesuai dengan komitmen yang telah dibangun oleh perusahaan tersebut, memang benar bahwa budaya perusahaan sangat mempengaruhi cara kerja dan kinerja para karyawannya, karena itu perusahaan harus memiliki budaya perusahaan yang kuat agar para karyawan bekerja sesuai dengan komitmen yang dibangun.
    catatan ini sangat membantu saya dalam belajar dan menambah pengetahuan tentang budaya perusahaan.

    BalasHapus
  3. Budaya perusahaan dapat dikatakan sebagai nilai dan kebiasaan kerja seluruh anggotanya yang diterima sebagai standar perilaku kerja dalam rangka pencapaian sasaran dan hasil yang telah direncanakan terlebih dahulu. Menurut saya, budaya perusahaan merupakan satu unsur terpenting dalam perusahaan yang hakikatnya mengarah pada perilaku-perilaku yang dianggap tepat, mengikat dan memotivasi setiap individu yang ada di dalamnya. Dengan demikian, setiap individu yang terlibat di dalamnya akan bersama-sama berusaha menciptakan kondisi kerja yang ideal agar tercipta suasana mendukung bagi upaya pencapaian tujuan yang diharapkan.

    BalasHapus
  4. budaya perusahaan merupakan suatu heraldisasi yang dibangun untuk membuat pengaruh baik dalam internal maupun eksternal perusahaan. namun, sangat cenderung pada internal perusahaan itu sendiri sehingga terciptalah proses liturgi antara pihak-pihak dalam perusahaan tersebut. namun juga sangat dibutuhkan adanya persamaan dasar yang akan berkesinambungan pada perusahaan itu sendiri. tidak autoritatif tapi bersifat menyeluruh untuk mendapatkan suasana keseimbangan dalam proses yang dikerjakan

    BalasHapus
  5. budaya perusahaan memang penting pada suatu perusahaan agar hubungan seluruh anggota suatu perusahaan tersebut dapat terjalin dengan baik dan harmonis...
    nice info nih,thanks ya ;)

    BalasHapus
  6. bermanfaat banget postan blognya :D
    Thanks ya ;)

    BalasHapus
  7. wah ternyata ilmu tentang budaya perusahaan penting banget yah.karena kalo kita udah mempelajari budaya perusahaan kita ga akan kaget pas masuk didunia pekerjaan.yaa...mudah-mudahan aja ilmu budaya perusahaan yang didapet diperkuliahan dapat diaplikasikan saat didunia kerja nanti.AMIIIIIIN

    BalasHapus
  8. bermanfaat sekali ilmunya dari yang kita asalnya ga terlalu tau tentang budaya perusahaan skali ilmunya bisa bertambah lagi. lebih sering di share lagi yah thanks :)

    BalasHapus